pelabuhan iranNew Delhi, LiputanIslam.com — India mengabaikan keberatan AS dengan menandatangani kerjasama dengan Iran untuk membangun pelabuhan di provinsi Sistan-Baluchestan.

Kesepakatan itu tercapai setelah pembicaraan mendalam antara Menteri Transportasi Jalan Raya India Nitin Gadkari rekannya dari Iran Abbas Ahmad Akhoundi, di Teheran, Rabu (6/5).

“Dengan penandatanganan MoU ini, entitas-entitas bisnis India dan Iran berada pada posisi untuk melakukan negosiasi ke arah finalisasi kontrak bisnis dimana perusahaan-perusahaan India akan menyewakan (lease) 2 pelabuhan yang ada dan mengoperasikannya sebagai terminal kontainer dan kargo multi guna,” kata Nitin Gadkari sebagaimana dilansir Press TV, Kamis (7/5).

Pelabuhan tersebut berada di kota Chabahar di Provinsi Sistan-Baluchestan di tenggara Iran. Kota tersebut berada di tepi Teluk Oman dan dengannya India akan mendapatkan akses laut-darat ke Afghanistan tanpa harus melintasi Pakistan.

AS telah mengingatkan India dan negara-negara lain untuk tidak terburu-buru menjalin bisnis dengan Iran sebelum pembicaraan nuklir Iran selesai pada tanggal 30 Juni mendatang.

Pelabuhan Chabahar akan menjadi proyek pelabuhan pertama India di luar negeri. Bila terealisasi India akan bisa mengirim barang-barangnya dari Chabahar ke Afghanistan, negara-negara Asia Tengah hingga Eropa dan Timur Tengah.

Menurut sebuah laporan di Business Standard, India tengah merencanakan untuk membangun jalan raya dari Chabahar ke  kota Milak yang terletak di perbatasan Iran-Afghanistan, kemudian menghubungkannya dengan jalar raya 223 km buatan India antara Zaranj-Delaram di Afghanistan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL