kapal perang swediaStockholm, LiputanIslam.com — Angkatan Bersenjata (AB) Swedia akhirnya meminta ma’af kepada publik setelah memberikan informasi palsu tentang keberadaan kapal selam misterius di Kepolauan Stockholm.

Dalam pernyataan pers yang disampaikan Senin (20/10) petang waktu setempat, AB Swedia mengakui telah gagal menjaga transparansi serta telah mempublikasikan laporan palsu tentang keberadaan kapal selam asing di Kepulauan Stockholm.

“Angkatan bersenjata tengah menggelar operasi inteligen di Kepulauan Stockholm. . . Kami seharusnya melakukannya dengan transparansi penuh sembari tetap menjaga kerahasiaan operasi. Begitulah seharusnya operasi militer dilakukan secara benar demi menjaga kepercayaan publik. Harus dikatakan bahwa dalam hal ini AB talah gagal,” demikian pernyataan yang dirilis AS Swedia sebagaimana dilaporkan RIA Novosti.

Pada hari Minggu (19/10) AB Swedia merilis foto sebuah obyek yang diduga sebagai kapal selam asing (Rusia) di Kepulauan Stockholm, serta peta yang menunjukkan lokasi kapal selam itu terlihat. Wilayah penampakan kapal selam misterius itu disebutkan berada di daerah Jungfrufjärden, di selatan Stockholm.

Namun sebuah laporan investigasi yang dilakukan oleh televisi SVT menunjukkan bahwa gambar dan lokasi yang disebutkan tidak sesuai. Setelah dikonfrontir dengan laporan itu, AB Swedia kemudian mengakui telah mengeluarkan informasi palsu dengan alasans “untuk mengelabuhi kekuatan asing”.

AB Swedia mulai melakukan operasi pencarian besar-besaran terhadap kapal selam misterius yang disebut-sebut sebagai kapal selam Rusia itu pada hari Jumat (17/10), setelah menerima informasi dari warga sipil.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL