Sumber: LINE Today

Jakarta, LiputanIslam.com — Terinspirasi dari aksi remaja Swedia, Greta Thunberg, yang melaksanakan demonstrasi di depan parlemen Swedia untuk menyadarkan bahaya perubahan iklim, para generasi muda melakukan demonstrasi untuk menuntut pemerintah segera mengatasi perubahan iklim.

Mereka berjalan berarakan dari Taman Cut Meutia, Jakarta Pusat menuju Taman Aspirasi yang berada di seberang Istana Negara.

“Indonesia sangat rentan dengan perubahan iklim makanya kita mendorong pemerintah untuk lebih peduli dengan iklim dan menuntaskan masalah iklim ini,” ungkap Juru Kampanye Hutan Greenpeace Arkian Suryadharma ketika ditemui sebelum arak-arakan dimulai di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (20/9).

Menurut Arkian, Indonesia merupakan salah satu negara yang rentan terkena dampak perubahan iklim dan aksi ini merupakan salah satu cara damai untuk menyadarkan pemerintah dan masyarakat awam lain akan bahaya perubahan iklim.

Baca juga: Terkait Krisis Iklim, Sejumlah Siswa di Dunia Lakukan Aksi Mogok

Aksi serupa terjadi juga di Yogyakarta oleh Jaringan Masyarakat Peduli Iklim (Jampiklim) DIY yang terdiri dari berbagai komunitas, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat yang peduli perubahan iklim.

“Kondisi planet Bumi darurat akibat perubahan iklim. Dampaknya membuat sektor kesehatan, pertanian, perekonomian, bahkan sosial politik tidak stabil,” kata Koordinator Jampiklim Himawan Kurniadi dalam agenda diskusi bertajuk Menyikapi Perubahan Iklim di Indonesia yang digelar di Convention Hall Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jumat (13/9). (Ay/Antara/IDN Times)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*