russia-plane-passengers-starting.siMoskow, LiputanIslam.com — 70 penumpang pesawat yang sudah di dalam kabin, ramai-ramai turun dan mendorong pesawat jet yang terjebak salju sebelum tinggal landas di bandara kota Igarka, Siberia Rusia. Hal itu dilakukan di bawah suhu dingin yang ekstrim.

Sebagaimana dilaporkan Russia Today, Rabu (26/11), suhu di Igarka mencapai -52 derajat celcius sehingga memacetkan roda pesawat penumpang Tupolev Tu-134 yang hendak tinggal landas, Selasa (25/11). Hal itu memaksa para penumpang untuk menawarkan bantuan mendorong badan pesawat itu dari jebakan salju.

“Para penumpang turun untuk meringankan beban pesawat dan kemudian mendorongnya dengan sukarela,” kata jubir maskapai penerbangan UTair kepada kantor berita TASS.

Bagi warga Siberia, terlebih yang berada di wilayah Lingkar Arctic seperti Igarka, suhu dingin yang ekstrim adalah hal yang biasa dihadapi. Namun tidak bagi pesawat terbang. Berada di langasan bersalju selama 24 jam mengakibatkan roda-roda pesawat membeku dan menyatu dengan tanah. Namun demikian sistem pengereman pesawat masih berfungsi baik.

Otoritas penerbangan kini tengah melakukan penyelidikan atas insiden ini.

Para penumpang tersebut adalah pekerja yang hendak bekerja di kota Krasnoyarsk. Mereka tidak menganggap apa yang mereka lakukan sebagai hal yang luar biasa.

“Tidak ada cara lain untuk membuat pesawat tinggal landas,” kata seorang penumpang kepada TASS.

Namun meski aksi mereka mendapat pujian media massa dan netizen Rusia, sebagian orang meragukan hal itu benar-benar terjadi, termasuk direktur pengelola bandara Igarka. Ia mempertanyakan kemampuan 70 orang mendorong pesawat berbobot 70 ton.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL