tambangKendari, LiputanIslam.com — Sekitar 70% pengusaha tambang di Indonesia tidak membayar pajak penghasilan. Demikian keterangan Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Dirjen Pajak, Dadang Suwarna di Kendari, Kamis (19/6).

Sebagaimana dilaporkan kantor berita Antara, bahkan sebanyak 1.300 pemilik ijin usaha pertambangan (IUP) itu tidak teridentifikasi. Jumlah pemilik ijin usaha pertambangan itu sendiri saat ini mencapai 7.709.

“IUP yang terbit di seluruh Indonesia jumlahnya 10.922. Pemiliknya 7.709 orang. Ada beberapa pengusaha punya IUP lebih dari satu. Tetapi yang bayar pajak hanya 2.300 orang,” kata Dirjen Pajak dalam rapat koordinasi dan supervisi atas pengelolaan pertambangan mineral dan batubara antara Komisi Pemberantasan Korupsi, kementerian terkait dan pemerintahan se-Sulawesi Tenggara.

Dari seluruh 7.709 pengusaha tambang itu, sebanyak 82 persen atau 6.374 yang sudah memiliki NPWP,  sedangkan sisanya 1.335 belum diketahui pemiliknya.

Oleh karena itu Dirjen Pajak meminta kerjasama instansi terkait, terutama pemerintah daerah agar dapat diketahui siapa pemilik IUP itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL