LiputanIslam.com-Sebanyak 68 calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari 34 provinsi di Indonesia siap bertugas saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus 2019.

Pembina Paskibraka Nasional Eka Imelda Novitasari disapa Ophy mengatakan bahwa paskibraka tersebut sudah tiba di Jakarta sejak 25 Juli 2019. Pemusatan latihan secara intesif telah dilakukan, hingga latihan gabungan bersama peserta upacara yakni TNI dan Polri sudah dilaksanakan di Cibubur.

Pada 15 Agustus mendatang, mereka akan dikukuhkan menjadi paskibraka nasional oleh Presiden RI Joko Widodo. Mereka akan memulai kegiatan gladi pada 13 Agustus 2019 yakni gladi kader, gladi kotor hingga gladi bersih pada 15 Agustus 2019.

Baca juga: Sambut HUT RI, Warga Gelar Permainan Tradisional

Untuk seragam, khususnya bagi perempuan berhijab, diputuskan memakai celana panjang. Sedangkan yang tidak berhijab, memakai rok pendek. Ketentuan ini sesuai dengan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2018 tentang Tata Pakaian Pada Acara Kenegaraan dan Acara Resmi.

“Jadi untuk anggota Paskibraka kita putuskan bagi yang memakai hijab memakai celana panjang, dan yang tidak pakai hijab masih memakai rok,” kata Sekretaris Menteri Sekretaris Negara Setya Utama kepada media di halaman Istana Negara, Jakarta pada Selasa (13/8). (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*