masjid terbakar swediaStockholm, LiputanIslam.com — Setidaknya 5 orang terluka dalam insiden penyerangan atas sebuah masjid di kota Eskilstuna, Swedia tenggara, tepat di hari Natal, Kamis (25/12).

Sekitar 20 orang, termasuk anak-anak, tengah berada di dalam masjid itu ketika seseorang melemparkan benda penyebab kebakaran melalui jendela yang terbuka.

“Seorang saksi melihat seseorang melemparkan benda melalui jendela bangunan yang berfungsi sebagai masjid. Setelah itu kebakaran terjadi,” kata jubir kepolisian setempat, Lars Franzell kepada wartawan sebagaimana dikutip BBC News.

Menurut Lars 2 orang harus dirawat karena mengalami sesak nafas, 2 orang terluka dan lebam-lebam, serta seorang lainnya mengalami patah tulang. Seorang di antara mereka yang dirawat itu mengalami luka parah. Sejauh ini pelaku masih belum diketahui.

Insiden ini terjadi di tengah-tengah perdebatan publik tentang kebijakan pro-imigrasi yang selama ini dianut Swedia. Partai-partai “kanan” menghendaki jumlah imigran yang diterima setiap tahunnya dikurangi hingga 90%, sementara partai-partai liberal ingin kebijakan itu dipertahankan.

Tahun lalu Swedia menerima lebih dari 54.000 pencari suaka, menjadikan negara itu sebagai negara penerima suaka terbesar di antara negara-negara maju.

Kota Eskilstuna, dimana banyak imigran asing tinggal, telah menjadi lokasi bentrokan yang melibatkan kelompok-kelompok neo-Nazi tahun ini.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL