kapal cinaVladiwostok, LiputanIslam.com — Lima kapal perang Cina melintasi Selat Bering di lepas pantai Alaska, AS baru-baru ini. Demikian pejabat-pejabat mengatakan, seperti dilansir BBC News, Kamis (3/9).

Diyakini ini adalah pertama kalinya kapal-kapal perang beroperasi hingga sejauh ini. Pejabat-pejabat AS mengatakan telah terus melakukan pengawasan terhadap kapal-kapal itu, namun sejauh ini kapal-kapal itu tidak memasuki wilayah AS.

Langkah Cina ini bersamaan dengan langkah ‘keras’ Cina dalam konflik wilayah dengan negara-negara sekitar Laut Cina dengan mereklamasi pulau-pulau karang menjadi kawasan pertahanan Cina.

Menurut para pajabat AS, tiga kapal perang Cina ditemani kapal pengangkut perbekalan serta kapal pendarat amphibi bergerak menuju Kepulauan Aleutian, yang berada di perbatasan AS dan Rusia. Demikian menurut laporan Wall Street Journal yang dilansir BBC News.

Yang menarik, kapal-kapal perang itu berada tidak jauh dari tempat Presiden Barack Obama berada dalam kunjungan tiga hari di Alaska dalam kampanye kesadaran tentang perubahan cuaca.

“Kami peduli dengan keberadaan 5 kapal AL Cina di Selat Bering. Ini pertama kalinya kami melihat kapal-kapal perang Cina di Selat Bering,” kata Jubir Dephan AS, Bill Urban kepada BBC, Rabu (2/9).

Namun demikian, ia menyatakan bahwa AS menghormati hak setiap negara untuk mengoperasikan kapal-kapal perangnya di perairan internasional.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL