f-15 jepangTokyo, LiputanIslam.com — Jepang melipatgandakan jumlah pesawat jet tempur F-15 di Pulau Okinawa di selatan negeri itu yang berdekatan dengan kepulauan sengketa di Laut Cina Timur, demikian pernyataan kementerian pertahanan negeri itu, Ahad (31/1), seperti dilansir Antara.

Angkatan Udara Jepang saat ini menempatkan sebanyak 40 pesawat F-15 di pangkalan Naha, Okinawa. Penambahan itu terjadi ketika Jepang dan Cina terlibat pertikaian mengenai kepemilikan Pulau Senkaku, yang dikuasai Jepang, di Laut Cina Timur.

Jepang mengelola pulau tak berpenghuni tersebut di bawah nama Senkaku, namun Cina juga mengaku kepulauan tersebut milik mereka dengan nama Diaoyu.

Kapal, yang kebanyakan kapal penjaga pantai, dan pesawat Cina terbang mendekati pulau tersebut untuk mempertahankan gugus pulau itu dan menguji tanggapan Jepang.

“Ini pertahanan negara garis depan,” kata Wakil Menteri Pertahanan Jepang Kenji Wakamiya, dikutip dari Jiji Press saat upacara Ahad di pangkalan Naha untuk menandai penciptaan unit baru dari jet itu.

Kementerian Pertahanan Jepang memindahkan 20 F-15 dari pangkalan Tsuiki di pulau baratdaya Kyushu ke Naha, ujarnya menambahkan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL