pentagonPentagon, LiputanIslam.com — Amerika Serikat dan Israel telah menandatangani perjanjian sebesar $ 429.000.000 yang berasal dari  uang pembayar pajak di Amerika yang  akan ditransfer langsung ke Israel  untuk mendanai sistem rudal Iron Dome.

Pentagon mengatakan perjanjian itu ditandatangani pekan lalu dalam upaya untuk  “terus mendukung produksi sistem senjata Iron Dome”  dan memberikan kesempatan bagi industri AS untuk “menerima  peluang co – produksi untuk komponen Iron Dome.”

Pada tanggal 4 Maret, DPR AS juga meloloskan RUU yang menjadikan Israel  sebagai  “mitra strategis utama” dari AS dan menyerukan perluasan hubungan militer Washington dengan Tel Aviv.

Undang-undang  yang disahkan menyerukan  untuk memperluas pengiriman senjata AS dan teknologi militer ke Israel, juga menyerukan komitmen dari  Kongres AS agar meningkatkan pendanaan untuk sistem rudal Iron Dome Israel.

Pekan lalu,  beberapa laporan mengatakan dana untuk sistem rudal Israel telah dipotong dalam anggaran Presiden AS Barack Obama untuk tahun fiskal 2015.

Namun, American Israel Public Affairs Committee ( AIPAC ), yang merupakan kelompok lobi pro-Israel yang paling kuat di Amerika Serikat, mengatakan kepada pers Israel bahwa dana tetap utuh dan bahwa kelompok lobi akan bekerja dengan Kongres untuk memastikan tingkat pendanaan tetap bertahan  – atau sama besarnya dengan tahun-tahun sebelumnya. AIPAC juga mengatakan bahwa untuk pendanaan, bukan ditentukan oleh Presiden AS melainkan oleh Kongres.

Israel sudah menerima miliaran dolar dari AS setiap tahun. Sejak perjanjian bantuan antara Washington dan Tel Aviv ditandatangani pada tahun 2007, $ 30 miliar uang pembayar pajak  dari rakyat Amerika telah mengalir ke Israel.

Bantuan tahunan  militer AS ke Israel telah meningkat  dari $ 2.400.000.000 menjadi  $ 3.100.000.000 hingga tahun 2017. Atas lonjakan ini, pejabat AS dan Israel telah membahas kebijakan bantuan militer AS ke Israel, dalam sebuah kesepakatan baru yang akan diperpanjang hingga tahun 2027. (LiputanIslam.com/af)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*