perahu bangladeshDhaka, LiputanIslam.com — Setidaknya 41 orang tewas termasuk 11 anak-anak dalam musibah kapal feri yang tenggelam di Sungai Padma, Bangladesh, Minggu (22/2).

Dalam musibah itu kapal feri yang penuh sesak dengan penumpang bertabrakan dengan kapal kargo. Akibat tabrakan itu kapal feri tenggelam dalam hitungan menit. Demikian seperti dilaporkan Press TV.

“Para penyelam telah menemukan 41 jenasah. Di antara mereka terdapat 11 anak-anak dan 7 wanita,” kata pejabat kepolisian setempat, Rakibuz Zaman.

Zaman menambahkan sekitar 50 penumpang lainnya berhasil selamat setelah berenang, atau diselamatkan kapal-kapal lainnya.

Tempat kejadian sekitar 40 kilometer di barat-laut ibukota Bangladeshi, Dhaka.

Sementara itu Inspektur Polisi Zihad Mia yang memimpin operasi penyelamatan mengatakan, kapal tenggelam dalam sungai yang berkedalaman sekitar 6 meter. Petuga belum bisa memastikan jumlah korban sebenarnya, baik yang tewas maupun yang hilang.

“Kami tidak mempunyai gambaran jelas tentang berapa jumlah penumpang sebenarnya saat tenggelam,” kata Mia.

Tim pencari masih terus melakukan pencarian siang dan malam dengan bantuan kapal-kapal feri di sekitar tempat itu.

Para penumpang yang selamat mengatakan antara 70 sampai 150 penumpang telah menjejali kapal 2 tingkat bernama MV Mostofa.

“Saya tengah memegangi tangan ibu saya ketika kapal kargo itu menabrak bagian belakang perahu kami,” kata Al Amin, korban selamat berumur 18 tahun.

“Dalam hitungan menit perahu itu tenggelam. Sebelum saya sadar, saya sudah berada di tengah sungai. Saya berusaha berenang dan diselamatkan perahu feri lain. Namun saya tidak menemukan ibu saya,” tambah Amin.

Hafizur Rahman Sheikh, seorang penumpang lainnya yang selamat mengatakan bahwa kebanyakan korban adalah penumpang yang berada di dalam dek yang terperangkap di dalamnya.

Kecelakaan perahu feri sering terjadi di Bangladesh, dimana lebih dari 130 sungai melintasi negara ini. Kondisi perahu yang kurang layak dan jumlah penumpang yang melebihi kapasitas menjadi penyebab utama musibah-musibah itu.

Belum lama berselang di bulan ini, sebuah perahu feri tenggelam di Selatan Bangladesh, menewaskan setidaknya 5 orang. Kejadian serupa pada Agustus 2014, mengakibatkan lebih dari 100 orang ketika perahu feri tenggelam di Sungai Padma.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL