india bangladeshNew Delhi, LiputanIslam.com — Parlemen India menyetujui perjanjian penting dengan Bangladesh yang memungkinkan kedua negara saling mengontrol wilayah masing-masing.

Saat ini terdapat puluhan ribu warga Banglades yang tinggal di 51 tempat di India dan warga India yang tinggal di 100 tempat di Bangladesh. Karena berada di wilayah negara lain, mereka selama ini berstatus ‘tidak berkewarganegaraan’ dan tidak mendapatkan akses ke layanan-layanan publik.

Tempat-tempat tersebut merupakan peninggalan masa kolonial dan terus menjadi persoalan antara kedua negara selama beberapa dekade.

Dengan perjanjian baru itu lebih dari 50.000 orang itu akan mendapatkan pilihan kewarganegaraan dan tempat tinggal.

Cerita rakyat yang berkembang di masyarakat menyebutkan bahwa warga yang terpisah dari negaranya itu merupakan korban dari permainan catur antara Maharaja Cooch Behar dan Nawab of Rangpur, dua kerajaan kecil di INdia yang saling bermusuhan, demikian BBC News melaporkan, Sabtu (9/5).

Masalah itu tidak terpecahkan pada saat terjadinya perpecahan India dan Pakistan tahun 1947 dan Pakistan-Bangladesh tahun 1970-an.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL