QatarDoha, LiputanIslam.com — Diperkirakan 400 pekerja asal Nepal meninggal selama pembangunan stadion-stadion untuk turnamen sepakbola Piala Dunia 2022. Dengan tingkat kematian yang sama, pekerja Nepal yang meninggal sampai selesainya proyek akan mencapai 4.000 orang. Demikian laporan lembaga HAM Nepal baru-baru ini.

Pravasi Nepali Coordination Committee (PNCC), yang terus memantau para pekerja Nepal di Qatar baru-baru ini mengumumkan daftar pekerja yang tewas berdasarkan data-data resmi pemerintah Qatar. Dalam daftar tersebut tercantum 400 lebih pekerja Nepal yang tewas selama pengerjaan station-stadion yang akan digunakan dalam Piala Dunia 2022 mendatang.

Laporan tersebut tentu memberikan tekanan serius bagi pemerintah Qatar dan FIFA untuk menghentikan kematian-kematian para pekerja di stadion-stadion yang dibangun.

Pekerja asal Nepal mencapai 20% dari sekitar 2 juta pekerja asing di Qatar. Angka kematian tersebut di atas belum termasuk pekerja-pekerja lain yang bekerja di tempat lainnya sehingga tingkat kematian pekerja Nepal jauh lebih tinggi lagi. Angka tersebut juga tidak termasuk kematian pekerja-pekerja dari negara lain.

Lembaga-lembaga pemantau HAM dan buruh internasional telah menyoroti kondisi buruk para pekerja asing di Qatar.

Dalam laporannya, PCC menyebutkan, “FIFA dan pemerintah Qatar berjanji kepada dunia bahwa mereka akan melakukan aksi nyata untuk memastikan keamanan para pekerja di stadion-stadion dan infrastuktur Piala Dunia 2022. Kematian-kematian ini menunjukkan kebohongan janji-janji itu.” (ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL