gunung kinabaluKualalumpur, LiputanIslam.com — Empat orang turis dari negara-negara dijatuhi hukuman penjara dan denda karena melakukan tindakan tidak senonoh di puncak Gunung Kinabalu yang dianggap mengakibatkan terjadinya gempa di gunung tersebut.

Eleanor Hawkins warga Inggris, Lindsey dan Danielle Peterson dari Kanada, serta Dylan Snel dari Belanda mengaku telah melakukan tindakan yang dianggap menimbulkan keresahan publik. Atas kesalahan itu Pengadilan Kota Kinabalu pada hari Jumat (12/6) memvonis mereka hukuman penjara selama 3 hari dan denda masing-masing 5.000 ringgit atau lebih dari Rp 15 juta. Namun karena mereka telah ditahan sejak tanggal 9 Juni, hukuman penjara mereka dianggap tuntas.

Gempa 5,9 skala Richter melanda Gunung Kinabalu hari Jumat (5/6), menewaskan 18 orang yang sebagian besar adalah pelajar sekolah Singapura yang tengah berwisata ke gunung tertinggi di Malaysia itu. Publik Malaysia menuduh para turis tersebut telah menyebabkan gempa maut tersebut dengan tindakan tidak patut mereka yang mengakibatkan kemarahan Gunung Kinabalu.

BBC melaporkan para turis itu kini tengah menunggu pembayaran denda sebelum dideportasi ke negaranya.

Dalam persidangan jaksa menyebutkan ke-empat turis itu bersama 6 turis lainnya mendaki puncak Gunung Kinabalu pada tanggal 30 Mei. Di atas puncak gunung tersebut kemudian mereka berpose telanjang, kencing dan memaki pemandu yang melarang tindakan mereka.

Keempat turis memasuki pengadilan dengan menutupi wajah mereka dengan tangan. Mereka dikawal petugas keamanan yang mengenakan penutup wajah.

Ronny Cham, pengacara yang mewakili keempat terdakwa memohon hakim untuk menjatuhkan hukuman maksimal selama 3 bulan, dengan dalih hukuman sosial yang diterima mereka, terutama dengan pemberitaan ke seluruh dunia, sudah sangat berat.

“Banyak kemarahan warga terhadap para turis itu, karena mereka percaya Gunung Kinabalu adalah tempat suci yang menjadi peristirahatan arwah mereka setelah meninggal,” kata jaksa Ms Pak.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL