mexico mass grave2Mexico City, LiputanIslam.com — Empat kuburan massal baru ditemukan di dekat kota Iguala, dimana 43 pelajar sekolah keguruan hilang setelah terlibat bentrokan dengan kepolisian setempat bulan lalu.

Penemuan hari Kamis (9/10) itu terjadi di tengah-tengah upaya pencarian besar-besaran terhadap pelajar-pelajar yang hilang. Namun belum ada keterangan tentang jumlah mayat yang ada di kuburan-kuburan itu. Demikian laporan BBC News.

Minggu lalu kejaksaan mengumumkan penemuan kuburan massal di dekat Iguala, berisi 28 mayat yang sudah rusak kondisinya sehingga membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk mengidentifikasi mereka.

Jaksa Agung Jesus Murillo Kara menyebutkan, di kuburan-kuburan massal yang baru ditemukan juga berisi mayat-mayat yang sudah rusak kondisinya karena dibakar, sebagaimana 28 mayat yang ditemukan sebelumnya.

Kara menyebutkan saat ini 34 orang telah ditahan terkait dengan insiden berdarah itu. Sebagian besar dari mereka adalah polisi lokal. Tentara sudah melucuti semua senjata milik polisi lokal, dan membawa mereka semua ke sebuah barak latihan polisi untuk menjalani pemeriksaan.

Lebih jauh Kara mengatakan aparat keamanan kini juga menfokuskan perhatian pada penangkapan Walikota Iguala Jose Luis Abarca Velazquez beserta istri dan kepala polisi lokal yang menghilang setelah terjadinya insiden berdarah itu.

Sebanyak 6 orang pelajar dan warga sipil lain tewas dalam aksi penembakan yang dilakukan polisi terhadap rombongan pelajar keguruan yang baru saja melakukan aksi demonstrasi menentang perlakuan tidak adil terhadap para guru, di Iguala, negara bagian Guerrero,  pada tanggal 26 September lalu. Setelah penambakan itu, polisi membawa pergi 43 pelajar lainnya yang sejak itu dinyatakan hilang.

Pada saat polisi mencari motif di balik insiden berdarah itu, berbagai teori merebak di antara publik Mexico. Di antaranya adalah permusuhan para pelajar tersebut dengan kelompok-kelompok gangster setempat yang berkolusi dengan pejabat-pajabat lokal.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL