vigil candleShanghai, LiputanIslam.com — Setidaknya 35 orang tewas dan 48 lainnya luka-luka dalam acara perayaan detik-detik tahun baru di pusat kota Shanghai, Rabu (31/12) tengah malam. Musibah ini terjadi setelah orang-orang berebutan uang palsu yang ditebarkan oleh seseorang.

Seperti dilansir Russia Today mengutip kantor berita Cina Xinhua, Kamis (1/1), kericuhan terjadi sebelum tengah malam di Lapangan Chen Yi Square di Distrik Huangpu, Shanghai.

Para korban yang terluka yang kebanyakan adalah mahasiswa, langsung dikirim ke sejumlah rumah sakit di Shanghai, seperti Changzheng Hospital, First People’s Hospital, Ruijin Hospital, dan Huangpu District Central Hospital.

Tim penyelamat segera dikirim ke tempat kejadian sementara aparat keamanan langsung menggelar penyelidikan atas musibah ini. Meski penyebab pasti peristiwa ini belum dipastikan, para saksi mata mengatakan bahwa seseorang telah melemparkan sejumlah besar uang palsu dari sebuah bar yang terletak di atas jalan. Kericuhan langsung terjadi setelah orang-orang berebutan untuk memunguti uang palsu itu.

Presiden Xi Jinping memerintahkan pemerintah Shanghai untuk menyelidiki kejadian itu dan memastikan hal seperti itu tidak terjadi lagi di seluruh wilayah Cina.

Baru-baru ini di Hongkong, terjadi insiden orang-orang yang berebutan uang yang tercecer setelah sebuah mobil pengangkut uang mengalami kecelakaan di sebuah jalan raya. Miliaran dolar Hongkong diketahui hilang dalam peristiwa itu.

Tahun lalu pemerintah Shanghai membatalkan pertunjukan laser 3 Dimensi menyambut tahun baru yang menarik pengunjung hingga 300.000 orang. Pemerintah beralasan pertunjukan itu rawan kericuhan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*