Foto: Kompas

Foto: Kompas

Surabaya, LiputanIslam.com — Pendekatan antar-agama ditengah maraknya kasus sekterian, ditunjukkan oleh 30 pastor dari 27 negara, yang berkunjung ke Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Tujuannya, untuk mempelajari Agama Islam guna  menambah referensi pengetahuan tentang kehidupan sosial beragama di Indonesia.

Dari laporan Kompas, Rabu 13 Agustus 2014, para pastor dari Ordo Dominikan itu menggelar diskusi dan dialog dengan sejumlah pakar agama UIN Sunan Ampel Surabaya dengan tema “Penguatan Keadilan dan Perdamaian Melalui Dialog Antar Agama”.

“Kami ingin belajar lebih banyak tentang Islam dari negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam,” kata salah satu pastor asal Afrika Selatan, Mike Deeb, O.P.

Mike mengapresiasi kehidupan beragama di Indonesia, meskipun masyarakatnya hidup dengan banyak agama, namun tetap bisa hidup rukun dan berdampingan. “Ini akan menjadi pelajaran berharga bagi kami, dan akan kami sosialisasikan ke banyak negara di dunia,” tambahnya.

Ordo Dominikan menuturkan bahwa ia sudah berhubungan baik dengan Islam sejak lama, bahkan dengan Islam di negara-negara lain di dunia. “Kami terus belajar dari negara-negara tersebut bagaimana agamanya mengajarkan kebaikan. Dan kami yakin semua negara di dunia ini mengajarkan kebaikan,” katanya.

Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Abdul A’la menambahkan, Islam di Indonesia adalah Islam yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, dan menghormati nilai-nilai budaya lokal. Akibatnya, Islam lebih cepat menyatu dengan semua sisi kehidupan masyarakatnya, termasuk ajaran bagaimana membangun interaksi dengan sesama manusia dan antar kelompok.

Hanya saja saat ini, beberapa media Islam radikal yang mengusung jihad acapkali berusaha menanamkan kebencian terhadap pihak-pihak lain yang tidak sepaham. Bahkan, dengan memelintir sebuah ayat, mereka membenarkan aksi-aksi biadab seperti melakukan pembantaian kepada pihak yang dianggapnya kafir. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL