detJakarta, LiputanIslam.com—Banjir meredam beberapa wilayah di Jawa Tengah akibat hujan deras yang mengguyur. Bahkan ada daerah yang sampai terjadi tanah longsor.

Dari data yang diperoleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada 8 wilayah di Jawa Tengah yang mengalami banjir dan longsor. Kedelapan wilayah tersebut adalah Kabupaten Kebumen, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Banyumas, Karanganyar, Wonogiri dan Kota Solo.

Di Kabupaten Kebumen ada 2 desa yang tergenang banjir setinggi 50-100 meter, yaitu Desa Jatiworo dan Desa Purbowangi. Air mulai naik sekitar pukul 19.00 WIB. Sedangkan 1 desa, Desa Sampang terjadi tanah longsor. Diperkirakan ada 3 orang yang masih tertimbun tanah longsor dan masih dalam tahap pencarian oleh petugas.

“Banjir di Kabupaten Kebumen bahkan sempat membuat kereta api mengalami keterlambatan karena rel yang terendam air. Rel antara Ijo-Gombong di Desa Bumiagung, Kebumen terendam air setinggi 20 cm. Namun air sudah surut pada pukul 17.20 WIB,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPD Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya, Sabtu (18/6/2016).

Sedangkan di Kabupaten Purworejo ada 4 desa yang tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Bogowonto sejak pukul 17.30 WIB. Bahkan di salah satu desa, Desa Loning 1 orang hanyut terbawa banjir dan masih dalam pencarian.

Kota Solo dan Kabupaten Karanganyar juga terjadi banjir yang menggenangi rumah warga dan sejumlah ruas jalan. Sedangkan hujan deras disertai angin kencang membuat pohon tumbang dan menimpa kabel listrik di Kabupaten Wonogiri.

Tanah longsor akibat hujan deras yang mengguyur sejak siang hari terjadi di Desa Gumelem, Kabupaten Banjarnegara. 3 orang dilaporkan meninggal. Warga yang menjadi korban atas nama Sudarno (40), Ahmad Bahrudin (40) dan Wato (40). Tanah longsor menyebabkan 2 rumah dan 1 sekolah roboh.

“Masyarakat diimbau selalu waspada karena hujan lebat masih berpotensi tinggi hingga 2 hari ke depan,” tutup Sutopo. (ra/detik.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL