indian sectarian riotNew Delhi, LiputanIslam.com — Polisi menahan 14 orang yang diduga terlibat aksi kekerasan sektarian dimana 3 orang dibakar hidup-hidup dan sejumlah bangunan dan rumah habis terbakar di negara bagian Hihar, India utara.

Sebagaimana dilansir BBC News, Senin (19/1), kerusuhan tersebut terjadi hari Minggu (18/1) di Desa Ajitpur, Distrik Muzaffarpur, dipicu oleh penemuan sesosok mayat warga Hindu, seminggu setelah ia dinyatakan hilang. Warga yang marah menuduh pelakunya adalah orang Muslim, dan mereka pun menyerang orang-orang Muslim yang ditemui dan membakar rumah-rumah mereka. Tiga orang yang tertangkap kemudian dibakar hidup-hidup.

Seorang polisi senior mengatakan kepada BBC bahwa orang yang ditemukan tewas terlibat hubungan terlarang dengan gadis Muslim.

“Ia diculik dan dibunuh,” katanya.

“Orang-orang yang berkumpul setelah ditemukannya mayat itu kemudian membakar sedidaknya 24 rumah dan setidaknya 3 orang dibunuh,” kata Gupteshwar Pandey seraya menambahkan bahwa situasi dalam kondisi tegang namun terkendali.

Ratusan polisi dikerahkan di Bihar dan penyelidikan telah dilakukan atas peristiwa ini.

Hindu adalah agama terbesar di India dengan jumlah pemeluknya mencapai 80%, sedangkan Islam adalah agama kedua dengan jumlah pemeluk sekitar 14%. Di masa lalu kerajaan-kerajaan Islam merupakan penguasa di India.
Bulan September tahun lalu sekitar 50 orang tewas dalam aksi kekerasan sektarian di Muzaffarnagar, Uttar Pradesh.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*