Taliban-planning-attack-on-NuristanKabul, LiputanIslam.com — Setidaknya 29 orang tewas akibat serangan kelompok Taliban di kompleks pemerintahan di kota Ghazni, Afghanistan timur. Demikian keterangan otoritas Afghanistan.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Kamis (4/9), sebanyak 19 anggota Taliban menyerbu komplek pemerintahan di Ghazni dengan menggunakan 2 truk bermuatan bom yang diledakkan di dekat kantor polisi dan inteligen di komplek tersebut.

8 anggota pasukan keamanan dan 2 warga sipil tewas akibat serangan itu, sebagaimana ke 19 penyerangnya. Selain itu sekitar 160 orang mengalami luka-luka dan gedung-gedung di kompleks itu, termasuk sebuah museum, mengalami kerusakan parah.

BBC melaporkan bahwa Taliban masih mengusai sebagian wilayah di Provinsi Ghazni yang menjadi pintu gerbang menuju ibukota Kabul dari wilayah selatan dan tenggara Afghanistan.

Taliban telah mengakui sebagai pelaku serangan yang berlangsung selama 3 jam itu, demikian laporan BBC, menyebutkan sebuah perpustakaan sangat bersejarah di kota itu telah hancur lebur. Demikian juga museum yang terdapat di komplek itu.

Serangan itu terjadi pada saat Afghanistan mengalami krisis politik menyusul pemilihan presiden Juni lalu. Kedua kandidat, Ashraf Ghani dan Abdullah Abdullah, mengklaim sebagai pemenang sehingga memaksa dilakukan penghitungan ulang yang sampai saat ini belum diumumkan hasilnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL