Sumber: breakingnews.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pertumbuhan ekonomi pada 2020 di angka 5,3 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan target pertumbuhan ekonomi dalam APBN 2019 sebesar 5,2 persen.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pidato mengenai Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belaja Negara atau APBN Tahun Anggaran 2020. Dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada tahun depan akan didorong oleh konsumi dan investasi.

Baca: Rizal Ramli Bilang Pertumbuhan Ekonomi 2019 akan Nyungsep

“Pertumbuhan ekonomi akan berada pada tingkat 5,3 persen dengan konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya,” kata Jokowi di Jakarta, Jumat (16/8).

Pada tahun depan, pemerintah optimis angka inflasi hanya sebesar 3,1 persen atau lebih rendah dari tahun ini di kisaran 3,5 persen. Kemudian, tingkat bunga SPN tiga bulan ditargetkan berada di tingkat 5,4 persen.

Selain itu, pemerintah memprediksi nilai tukar rupiah di 2020 akan berada di kisaran Rp 14.400 per dolar Amerika Serikat (AS). Angka tersebut masih terbilang cukup tinggi karena adanya tekanan dari kondisi global.

“Kondisi eksternal masih dibayangi oleh ketidakpastian. Meski, pemerintah yakin investasi terus mengalir ke dalam negeri karena persepsi positif atas Indonesia dan perbaikan iklim investasi,” ujarnya. (sh/tempo/cnnindonesia)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*