ottawa shootingOttawa, LiputanIslam.com — Dua orang tentara dipastikan tewas akibat tembakan orang-orang bersenjata. Seorang tentara tewas dalam tembak-menembak di sebuah Museum Perang di Ottawa, Rabu (22/10), seorang lainnya tewas oleh serangan “tembak dan lari” pada hari Senin (20/10) diMontreal.

Polisi memastikan berhasil menembak mati pelaku penembakan di Ottawa, namun aparat keamanan menetapkan status siaga di ibukota. Sementara Perdana Menteri Stephen Harper mengatakan bahwa “negara tidak bisa diintimidasi oleh kekerasan”.

Serangan-serangan itu ironisnye terjadi setelah Kanada menaikkan status kesiagaan keamanan menghadapi ancaman teror. Selain itu, Kanada juga baru mengumumkan rencana bergabung dengan koalisi AS untuk memerangi kelompok ISIS di Irak dan Suriah. Namun belum ada keterangan apakah serangan-serangan itu ada kaitannya dengan ISIS.

Harper, dalam pidatonya hari Rabu, mengatakan bahwa serangan-serangan itu akan meningkatkan semangat Kanada untuk memerangi terorisme bersama sekutu-sekutunya.

“Mereka tidak akan mendapatkan tempat aman,” katanya.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, pelaku penembakan hari Rabu adalah Michael Zehaf-Bibeau. Ia menembaki 2 tentara yang tengah menjaga Museum Perang. Seorang tentara, Kopral Nathan Cirillo, tewas akibat serangan itu sementara 3 orang warga lain mengalami luka-luka.

Beberapa menit kemudian pelaku penyerangan memasuki gedung parlemen yang terletak tidak jauh dari museum dan melakukan penembakan-penembakan. Namun akhirnya ia berhasil ditembak mati oleh petugas keamanan yang menjaga kemanan parlemen melalui aksi tembak-menembak.

Adapun pada serangan hari Senin (20/10), seorang tentara tewas dan seorang lainnya luka-luka ketika seorang pemuda berumur 25 tahun, Martin Rouleau, melakukan aksi “tembak dan lari” di Saint Jean sur Richelieu, 40 km sebelah tenggara kota Montreal. Polisi akhirnya berhasil menembak mati pelaku.

Aksi serangan ini mendorong Presiden AS Barack Obama untuk menelpon Perdana Menteri Harper. Selain mengecam aksi penembakan itu, Obama juga menekankan hubungan dekat kedua negara.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL