satelite_galileo_esaLondon, LiputanIslam.com — Badan Antariksa Eropa ESA (European Space Agency) mengumumkan bahwa 2 satelit terakhir mereka untuk sistem navigasi versi Eropa untuk GPS, gagal mencapai orbit yang seharusnya.

Namun 2 satelit lainnya, yaitu satelit ke-5 dan ke-6 yang diluncurkan dari fasilitas ruang angkasa milik Perancis di Guiana hari Jumat (22/8) berhasil mencapai target orbit dan berada di bawah kendali sepenuhnya.

ESA kini tengah menganalisa dampak dari kegagalan orbit tersebut. Kedua satelit, masing-masing diberi nama Doresa dan Milena, diluncurkan ke ruang angkasa oleh roket Rusia, Soyuz, setelah tertunda akibat cuaca buruk selama 24 jam.

“Pengamatan yang dilakukan setelah terjadi pemisahan antara satelit-satelit itu dengan roket Soyuz VS09 dalam misi Galileo, menunjukkan adanya jarak antara orbit yang dicapai dengan orbit yang seharusnya,” demikian pernyataan lembaga penyedia jasa peluncuran satelit Eropa Arianespace.

“Mereka berada pada orbit yang lebih rendah dari yang direncanakan. Tim-tim kami tengah mempelajari dampak dari masalah ini terhadap satelit-satelit tersebut,” tambah pernyataan itu.

Arianespace menolak menjelaskan apakah kesalahan tersebut bisa diperbaiki, demikian laporan AFP sebagaimana dikutip BBC News, Minggu (24/8).

Setelah bertahun-tahun mengalami penundaan, program Galileo, atau sistem navigasi versi Eropa (GPS milik AS), akhirnya diluncurkan penuh. ESA yang bertanggungjawab atas program ini mentargetkan memiliki 26 satelit di orbit pada tahun 2017. Uni Eropa sudah menginvestasikan miliaran euro untuk program ambisius ini.

Dengan program ini Uni Eropa berharap bisa mendapatkan nilai tambah ekonomi yang signifikan dalam bentuk bisnis-bisnis baru yang mengeksploitasi penyediaan data satelit yang lebih tepat dan cepat melalui satelit di orbit.

Sebelumnya AS dan Rusia sudah memiliki sistem navigasi sendiri, yaitu GPS dan Glonass. Selama ini Uni Eropa menggunakan sistem GPS milik AS yang diperkirakan nilai bisnisnya mencapai 800 miliar euro.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL