110108-N-6320L-101Los Angeles, LiputanIslam.com — Sebuah pesawat tempur F/A-18E Super Hornet angkatan laut AS jatuh saat hendak mendarat di atas kapal induk USS Carl Vinson di lepas pantai Kalifornia, Rabu (4/6) malam.

Ini adalah kecelakaan pesawat beruntun di area tersebut dalam waktu 24 jam. Demikian keterangan AL Amerika.

“Pilot berhasil meloncat dari pesawat dan berhasil diselamatkan dan kini berada di atas kapal Carl Vinson dalam kondisi stabil,” kata jubir AL Amerika dalam pernyataannya.

Pesawat jet tersebut merupakan bagian dari Skuadron Tempur 81 yang berbasis di pangkalan laut-udara Oceana di Virginia. Pesawat tersebut belum diangkat dari tempat jatuhnya.

Penyelidikan kini tengah dilakukan atas insiden tersebut dan semua operasi militer di kapal induk USS Carl Vinson dihentikan sementara. Sementara pesawat-pesawat lainnya yang beroperasi di kawasan itu dialihkan ke pangkalan laut-udara di Pulau North di Coronado, California.

USS Carl Vinson dan Carrier Air Wing 17 tengah melakukan latihan tempur bersama untuk menguji “kemampuan tempur di lingkungan-lingkungan yang bergejolak dan komplek”.

Sebelumnya pada hari yang sama pesawat tempur lepas landas vertikal AV-8 Harrier dari kesatuan marinir AS jatuh di kompleks pemukiman di Imperial Valley, Kalifornia Selatan dan menghancurkan setidaknya 2 rumah.

Tidak ada laporan korban jiwa ataupun luka dalam insiden tersebut. Namun sang pilot berhasil meloncat dan selamat. Penyebab kecelakaan ini pun masih dalam penyelidikan.(ca/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL