pejabat ukraina ditangkapKiev, LiputanIslam.com — Dua pejabat tinggi keamanan Ukraina ditangkap polisi saat mengikuti sebuah rapat kabinet yang disiarkan televisi, Rabu (25/3) kemarin. Keduanya dituduh telah menyalahgunakan kekuasaan untuk keuntungan pribadi.

Seperti dilansir Press TV, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Sergiy Bochkovsky dan wakilnya Vasyl Stoyetsky diborgol oleh polisi dan digelandang pergi saat mengikuti rapat kabinet di Kiev hari Rabu.

Mendagri Arsen Avakov mengatakan kepada wartawan, kedua pejabat tersebut diduga kuat telah menerima suap dari sejumlah suplaier BBM. Namun ia membantah penangkapan itu sebuah ‘pertunjukan’.

“Ini bukan ‘show” dan bukan ‘teater’,” kata Avakov, menyebut keputusan penangkapan tersebut untuk memberikan efek jera bagi banyak pejabat yang diduga terlibat korupsi.

Hanya beberapa jam sebelumnya, Presiden Petro Poroshenko memecat Ihor Kolomoisky, seorang pengusaha berpengaruh, sebagai Gubernur Dnipropetrovsk, wilayah yang dikenal sebagai pusat industri migas. Pemecatan ini terkait dengan perselisihan pemerintah pusat dan daerah, terkait dengan penguasaan perusahaan migas.

Sementara itu Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk mengatakan bahwa penangkapan seperti itu juga akan dilakukan kepada siapapun yang melanggar hukum.

“Saat negara terlibat perang dan kita menghitung setiap sen, mereka mencuri dari rakyat dan negara,” kata Yatsenyuk.

Pemerintah Ukraina baru saja berhasil mendapatkan pinjaman senilai $17,5 miliar dari IMF, dengan jaminan akan menghapuskan korupsi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*