Northern Indian sectarian clashesNew Delhi, LiputanIslam.com — Polisi telah menangkap lima tersangka yang diduga telah menggantung dua orang Muslim di India, dalam suatu insiden yang mengarah kepada protes-protes dan memicu kekerasan sektarian di negara bagian Jharkhand, di India timur.

Seperti laporan Reuters yang dilansir Antara, Sabtu (19/3), penangkapan tersebut terjadi di tengah-tengah laporan bahwa para penyerang tersebut adalah pemeluk Hindu. Dua orang yang digantung hingga mati tersebut merupakan penggembala sapi.

India adalah eksporter daging sapi terbesar dan kosumen terbesar kelima di dunia. Tapi penyembelihan sapi dilarang di beberapa kawasan, termasuk di Jharkhand, karena banyak pemeluk Hindu memandang binatang itu suci.

Jasad dua pedagang ternak itu ditemukan tergantung di sebuah pohon di distrik Latehar, Jharkhand, pada hari Jumat, menyulut kekerasan yang mencederai enam personel kepolisian, demikian harian Hindustan Times melaporkan Sabtu.

Mazlum Ansari, 32 tahun, dan Imteyaz Khan, 13 tahun, putera seorang pedagang ternak lainnya, merupakan warga Balumath, 110 km dari Ranchi, katanya. Bentrokan-bentrokan antara para pengikut dua kelompok agama berbeda itu terkait konsumsi daging sapi terjadi tiga bulan lalu di kawasan itu.

“Polisi telah menangkap lima orang dan sedang mencari beberapa orang lainnya yang terlibat dalam insiden itu,” kata Kepala Polisi Latehar Anoop Birtharay melalui telepon.

“Sejauh ini kami belum menemukan afiliasi dari tiga orang dengan kelompok radikal Hindu. Kami masih menyelidiki,” katanya.

Para penentang menuduh partai penguasa Bharatiya Janata Party (BJP)  berada di belakang insiden tersebut. Motif yang dituduhkan adalah untuk memecah para pemilih menjelang pemilihan majelis di lima negara bagian dalam dua bulan mendatang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL