ledakan nigeriaAbuja, LiputanIslam.com — Dua ledakan terpisah melanda sebuah pasar dan pos militer di timur-laut Nigeria, Kamis (2/7), mengakibatkan 13 orang tewas. Diduga serangan dilakukan oleh kelompok Boko Haram yang tengah terdesak oleh militer Nigeria dan negara-negara tetangga.

Ledakan pertama terjadi di sebuah pasar yang ramai di desa Malari, di luar kota Maiduguri. Setidaknya 10 orang tewas dalam ledakan ini. Beberapa menit kemudian ledakan yang lain terjadi di sebuah pos militer, menewaskan 2 warga sipil dan seorang tentara. Demikian Press TV melaporkan, Jumat (3/7).

Belum ada kelompok yang mengklaim bertanggungjawab atas serangan ini, meski publik menyangka serangan dilakukan oleh Boko Haram.

Selama seminggu terakhir lebih dari 160 jiwa tewas akibat berbagai aksi kekerasan di Nigeria. Dalam serangan paling hebat, kelompok militan menyerang sejumlah masjid di kota Kukawa tanggal 30 Juni, menewaskan hampir 100 orang yang tengah beribadah.

Kelompok takfiri Boko Haram telah meningkatkan aksi kekerasannya sejak presiden baru Muhammadu Buhari terpilih bulan Mei lalu. Buhari yang mantan panglima militer telah menyerukan untuk menumpas Boko Haram.

Diperkirakan lebih dari 15.000 orang tewas sejak Boko Haram memproklamirkan pemberontakan tahun 2009.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL