penjara new yorkNew York, LiputanIslam.com — Setelah menjalani hukuman penjara selama 16 tahun karena kesalahan pengadilan, 2 orang warga kota New York yang sebelumnya didakwa melakukan pembunuhan akhirnya mendapatkan kompensasi sebesar $9 juta atau sekitar Rp 10 miliar.

Sebagaimana laporan Russia Today, Sabtu (15/11), kasus pembunuhan itu terjadi tahun 1989, ketika 2 orang laki-laki tewas ditembak saat berkendaraan mobil di Lower East Side Manhattan, New York. 2 orang lainnya terluka dalam insiden itu.

Anthony Ortiz dan Danny Colon, keduanya kini berumur 44 tahun, dinyatakan sebagai pelakunya dan pada tahun 1993 dijatuhi hukuman.

Namun kasus ini mengandung kontroversi karena hanya berdasar pada pengakuan pecandu obat-obatan yang kenal dengan Colon, Anibal Vera. Vera sendiri tengah terlibat kasus kejahatan lain.

Pada kesaksian awal, Vera mengaku mendengar kabar tentang keterlibatan Ortiz dan Colon atas pembunuhan itu. Namun kemudian ia mengubah kesaksiannya dengan mengatakan bahwa keduanya mengaku kepada dirinya sebagai pelaku pembunuhan.

Bukti-bukti yang tidak diungkap di pengadilan adalah bahwa Vera ternyata membuat kesepakatan dengan jaksa untuk memberikan kesaksian terakhir tersebut. Setelah terbongkarnya kesepakatan rahasia itu, kasus itu pun direvisi pada tahun 2009 dan keduanya dibebaskan pada tahun 2010.

Tidak lama setelah pembebasannya, Colon dan Ortiz menuntut pemerintah York City, negara, dan Otoritas Perumahan New York, karena lokasi pembunuhan terjadi di sebuah proyek perumahan kota New York.

Setelah melalui perundingan yang cukup rumit, akhirnya Ortiz mendapatkan kompensasi sebesar $6,5 juta, sedangkan Colon mendapatkan $2,5 juta. Demikian Wall Street Journal melaporkan.

“Kasus ini menunjukkan bahwa taktik-taktik ilegal digunakan oleh aparat penyidik dan penuntut kota New York City,” kata Joel Rudin, pengacara kedua orang itu, kepada New York Post.

“Uang ini mungkin tidak cukup untuk mengganti penderitaan yang telah dialami klien kami,” tambahnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL