misterious desease nigeriaLagos, LiputanIslam.com — Setidaknya 18 orang meninggal secara misterius di sebuah kota di tenggara Nigeria karena penyakit misterius. Otoritas setempat masih diselidiki jenis penyakit ini.

“23 orang terkena penyakit dan 18 orang tercatat meninggal,” kata Kepala Kesehatan Ondo, Dayo Adeyanju seperti dikutip AFP, Minggu (19/4).

Juru bicara pemerintah negara bagian tersebut, Kayode Akinmade sebelumnya merilis ada 17 orang yang menjadi korban tewas akibat penyakit yang belum diketahui ini.

Orang yang terpapar penyakit ini mengalami gejala sakit kepala, penurunan berat badan, penglihatan yang kabur hingga kehilangan kesadaran.

“Penyakit ini bisa membunuh korbannya dalam satu hari,” kata Akinmade.

Dia menyebut para pejabat kesehatan dan ahli dari pemerintah termasuk dari lembaga donor sudah berada di Ode-Irele untuk melakukan penelitian.

Dari hasil uji laboratorium, para dokter mengesampingkan penyakit ini serupa dengan Ebola atau virus lainnya. Sedangkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memiliki catatan mengenai 14 kasus dengan 12 orang meninggal dunia.

“Gejala umumnya seperti penglihatan yang mendadak kabur, sakit kepala, kehilangan kesadaran terjadi dalam waktu 24 jam,” ujar Juru Bicara WHO Tarik Jasarevic berbicara kepada AFP sekaligus memastikan investigasi masih berlangsung.

Menurutnya WHO telah mengambil sampel darah dan urine dua orang korban. “Semua sampel telah dikirim ke Lagos University Teaching Hospital. Penyelidikan masih berlangsung,” katanya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL