Tel Aviv, LiputanIslam.com–Setelah Lana Del Rey, sebanyak 15 musisi dunia satu persatu ikut memboikot acara musik Festival Meteor di Israel. Demikian laporan dari gerakan pro-Palestina Boycott, Divestment and Sanctions (BDS) pada Senin (3/9/18).

Hanya beberapa hari kemarin, penyanyi pop Amerika, Lana Del Rey, yang menjadi penampil utama di festival ini, mengumumkan untuk mundur dari acara ini.

Pembatalan pun dilakukan semakin banyak musisi sebagai bentuk solidaritas terhadap BDS.

BDS, beserta organisasi pro-Palestina lain, meminta Lana Del Rey dan artis lain memboikot acara ini sebagai bagian dari aksi protes damai melawan penyelewengan HAM Israel dan penindasan rakyat Palestina di kawasan pendudukan Tepi Barat dan Gaza.

Beberapa musisi tidak menyampaikan alasan pembatalan itu di depan publik karena tidak ingin mempertaruhkan pekerjaan mereka di Israel di masa depan, sementara musisi lain terang-terangan mengkritik Israel.

Musisi asal Amerika, Henry Laufer, atau Shlohmo, mengumumkan pembatalannya beberapa jam setelah Lana Del Rey. “Saya minta maaf kepada para penggemar dan staf festival … tapi mendukung yang tertindas lewat ketidakhadiran saya lebih penting bagi saya apalagi setelah kejahatan kemanusiaan yang dilakukan pemerintah [Israel].”

Musisi lain yang hilang dari daftar penampil festival ini adalah DJ Inggris Shanti Celeste, DJ Swedia Seinfeld, DJ Inggris Leon Vynehall, penyanyi  Turki Selda, dan DJ Australia Mall Grab.

Setidaknya telah ada 15.000 orang menandatangani petisi online BDS yang meminta musisi lain seperti Pusha T, Flying Lotus dan Of Montreal untuk mengikuti gerakan ini. (ra/mintpress)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*