austian airlinesWina, LiputanIslam.com — Sebuah penyelidikan tengah dilakukan oleh otoritas penerbangan negara-negara Eropa setelah 13 pesawat menghilang secara misterius dari radar selama 25 menit.

Sebagaimana laporan media terkemuka Inggris Daily Mail, Jumat (13/6), ke 13 pesawat tersebut menghilang secara bersamaan dari layar radar di atas udara Austria selama 25 menit. Ini adalah peristiwa kedua setelah sebelumnya terjadi tanggal 5 Juni lalu.

Markus Pohanka, jubir otoritas penerbangan Austria Austro Control mengatakan bahwa lembaga-lembaga terkait kini tengah mengadakan penyelidikan atas insiden yang disebutnya sebagai baru pertama terjadi tersebut.

Ia juga menambahkan bahwa insiden serupa dialami juga oleh negara-negara Eropa lainnya, namun tidak disebutkannya negara mana saja. Yang pasti otoritas penerbangan Uni Eropa, Eurocontrol dan European Aviation Safety Agency telah diminta untuk melakukan penyelidikan.

Media Kurier menyebut insiden serupa terjadi di Jerman, Republik Czech dan Slovakia.

Otoritas penerbangan Austria menyebutkan setiap hari sekitar 4.000 pesawat terbang di atas udara Austria, dan sekitar 50 pesawat terbang secara bersamaan setiap saatnya.

Insiden hilangnya pesawat dari radar ini mengingatkan publik pada insiden yang terjadi pada pesawat Malaysia Airlines MH370 bulan Maret lalu saat dalam penerbangan antara Kualalumpur-Beijing. Hingga saat ini keberadaan pesawat tersebut bersama ratusan penumpang dan awaknya masih belum diketahui.(ca/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL