Ukrainian army troops receive munitions on the outskirts of IzyumMoskow, LiputanIslam.com — Sebanyak 12 personil militer Ukraina telah meletakkan senjatanya dan masuk ke wilayah Rostov, Rusia, dengan damai.

Pejabat keamanan Rusia, hari Minggu (3/8),  menyebutkan ke-12 prajurit tersebut masuk ke Rusia melalui pos penjagaan Gukova pada hari Minggu.

“Motif tindakan mereka masih dalam penyelidikan,” kata pejabat tersebut, menambahkan bahwa ke 12 prajurit tersebut berasal dari satuan Brigade Mekanik ke-72.

Press TV melaporkan, ini bukan untuk pertama kalinya pasukan Ukraina melakukan tindakan desersi karena menolak memerangai rakyat sendiri. Pada akhir Juli lalu sebanyak 41 prajurit Ukraina meninggalkan tempat tugas mereka dan meminta ijin kepada kelompok separatis untuk meninggalkan Ukraina dan pergi ke Rusia.

Peristiwa-peristiwa itu terjadi di tengah operasi militer Ukraina yang semakin gencar untuk menghancurkan kekuatan kelompok separatis yang menguasai 2 kota utama di Ukraina timur: Donetsk dan Lugansk serta beberapa kota lainnya.

Laporan-laporan menyebutkan serangan bom yang dilancarkan Ukraina terhadap kota Donetsk telah menewaskan 9 warga sipil dalam 24 jam terakhir.

PBB memperkirakan jumlah korban tewas oleh operasi militer Ukraina telah mencapai angka 1.129 orang.

Pertempuran semakin gencar setelah jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 tanggal 17 Juli lalu di wilayah Donetsk. Kedua fihak yang bertikai saling menuduh sebagai pelaku penembakan terhadap pesawat yang menewaskan 298 orang itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL