London, LiputanIslam.com – Sekitar 100 demonstran berkumpul di depan kantor Kedutaan AS di London pada Kamis (27/4) untuk memprotes kebijakan-kebijakan Trump yang dinilai melanggar Hak Asasi Manusia. Demonstrasi ini digelar menjelang hari ke-100 ia menjabat sebagai presiden.

Pelanggaran HAM yang dilakukan Trump antara lain pembangunan tembok perbatasan antara AS dan Meksiko dan memerintahkan larangan perjalanan bagi negara-negara bermayoritas muslim.

Dalam aksi demo yang diselenggarakan oleh Amnesty Internasional itu, para demonstran berdandan dan berpakaian seperti patung Liberty di New York. Mereka juga membawa plakat bertuliskan ‘No ban’, ‘No wall’, dan ‘Refugees welcome’.

“Di hari ke-100 sebagai presiden, Trump telah banyak melakukan penyelewengan dalam pemerintahan AS yang sudah punya reputasi buruk dalam penegakan HAM,” tutur Allen, direktur Amnesty di Inggris.

Tidak hanya di London, para pendemo juga berkumpul di depan Gedung Konsulat AS di Belfast, Irlandia Utara. Sementara hari Sabtu nanti dilaporkan akan ada demonstrasi yang sama di Skotlandia.

Sejak hari pelantikannya, presiden AS ke-45 itu telah menghadapi banyak demonstrasi. Para pendemo umumnya mengutuk kebijakannya yang cenderung memecah-belah, rasis, dan kontroversial. (AL/Press TV)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL